Visual Merchandising






Visual merchandiser: Deskripsi Proyek dan kegiatan
Seorang visual merchandiser menciptakan jendela dan in-store display di toko-toko dan department store, mengambil tanggung jawab untuk 'tampilan' dari toko, dengan tujuan mempromosikan barang dalam rangka untuk memaksimalkan penjualan.

Menampilkan secara teratur diperbarui, dan tema dapat ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk musim tahun, acara tahunan seperti Hari Valentine, Paskah dan Natal, mode dan tren saat ini, dan penjualan dan promosi.

Banyak pengecer visual merchandising menggunakan tim. Kegiatan khas akan bervariasi sesuai dengan peran dalam tim, tetapi bisa termasuk:

melakukan penelitian berdasarkan konsep dan kecenderungan gaya hidup, serta toko dan / atau atribut daerah;
mengembangkan sketsa denah dan desain;
sumber bahan dan menampilkan elemen, seperti pencahayaan, perlengkapan dan aksesoris;
memaksimalkan ruang dan tata letak toko;
menginstal dan pembongkaran display, dengan menggunakan ruang yang tersedia untuk keuntungan yang terbaik;
berpakaian manekin dan memanfaatkan pencahayaan kreatif untuk menampilkan jendela;
mempersiapkan untuk acara acara promosi dan pembongkaran menampilkan pada akhir periode promosi;
memberikan umpan balik ke kantor pusat dan bekerjasama erat dengan pedagang dan pembeli;
mengunjungi toko-toko lain di daerah, bekerja sama dengan di toko staf penjualan dan membantu untuk mengembangkan pemahaman mereka presentasi;
mendirikan sebuah 'model' atau 'mengejek' toko sesuai dengan perusahaan desain terbaru arahan, dan kemudian memotret jendela-jendela toko, dinding dan menampilkan dalam rangka menciptakan visual merchandising paket untuk mengirim ke toko-toko lainnya (untuk memastikan konsistensi dengan perusahaan merek dan citra);
melaksanakan desain dan rencana yang dibuat oleh manajer merchandising visual dan direktur kreatif, yang mungkin melibatkan karya seperti mengangkat, membawa dan memanjat tangga.
Visual merchandiser juga dapat digunakan oleh sebuah agensi memberikan layanan untuk sektor ritel atau klien lainnya, termasuk koordinator acara dan perusahaan yang terlibat dalam perancangan dan pembuatan produk. Lingkungan kerja meliputi studio desain, kepala perusahaan desain kantor dan departemen, dan toko ritel.

Larut malam akhir pekan dan kemungkinan kerja sebagai tampilan utama instalasi sering terjadi ketika toko ditutup untuk meminimalkan gangguan terhadap pelanggan dan staf. Pekerjaan paruh waktu mungkin tersedia, dan pekerjaan freelance umum.

Gaji awal yang khas untuk visual merchandiser adalah £ 15,000 - £ 18,000. Dengan pengalaman yang luas, visual merchandiser senior dalam peran manajerial dapat memperoleh kelebihan sebesar £ 50.000 (data yang dikumpulkan gaji Jun 09).

7 comments to “Visual Merchandising”

setelah membaca artikel ini saya... merasa pembelajaran tentang Visual Merchandising sangat diperlukan ... terlebih menurut saya peluang untuk menjadi seornag merchandiser... sangat luas di dunia pekerjaan...^^;


1 pertanyaan...
apa saja hal pertama yang harus kita perhatikan jika ingin mendalami tentang visual merchandising... ??>

~Hendra Prayoga (2071330007)

setelah membaca artikel di atas dengan seksama, saya merasa begitu banyak pelajaran yang dapat saya terima dan tentunya menambah wawasan serta pengetahuan tentang bidang merchandising yang tentunya ni akn menjadi sebuah modal yang sangat berarti bagi saya untuk mengeluti dunia desain,,..

pertanyaannya,,,
untuk mempelajari lebih detail tentang visual merchandising apa yang mesti kita lakuka pertama kali,, agar nanti hasil yg di harapkan dapat sesuai???,,

apa perangkat pendukung dalam mendalami ilmu visual merchandising,,???

setelah saya membaca...artikel tentang visual merchandising saya banyak belajar dan banyak yang saya harus pelajari..karena didalam dunia merchandising....kita dapat mengetahui...bagai mana kita harus mengatur seterategi supaya dapat menarik pengunjung atau pelangan,untuk memaksimalkan penjualan.dan terlebih menurut saya peluang pekerjaan sangat luas....

pertanyaaan:
1. bisa gak sich...dalam pembuatan merchandising tidak per
time...hanya personal?

pak, jika menampilkan suatu produk tetapi tidak bertemakan sesuatu bagaimana?? apa itu termasuk tema penjualan biasa??
jika tidak ada tema apakah bisa, atukah memang harus?

saya membaca visual merchndising,saya ingin tau membuatan visual merchandising dan macam-macam jenis visual desain,baju marten/nikahan.
toko-toko perusahaan visual merchandising, keryawan kerja membuat desain visual marchandising.

Ari Prasetyo(2071330006)

Untuk mempelajari VM kita harus sering melihat rancangan tampilan dalam suatu toko yang telah dibuat oleh para profesional di bidang Visual Merchandising. Baik di majalah desain grafis maupun melihat langsung di toko-toko dan supermarket.
Untuk merancang dengan baik kita harus membuat sebuah konsep desain, yang berisi penataan Zonning (pembagian zona), dimana kita menentukan dimana arus sirkulasi primer dan arus sirkulasi sekunder. selain itu kita juga harus mengklasifikasi tata letak produk, serta menata agar produk itu mudah dilihat dan mudah untuk dijangkau.
Dengan membuat konsep desain kita dapat memvisualisasikan tampilan awal sebelum pekerjaan yang sesungguhnya yang biayanya tidak sedikit itu dibuat. cara memviasualisasikan ide mengenai tampilan tersebut kita dapat menggunakan sketsa-sketsa buatan tangan (freehand), menggunakan komputer, maupun menggunakan miniatur dari karton dan sejenisnya.
Tema sangat penting dalam merancang VM, karena promo-promo produk biasanya juga berhubungan dengan tema-tema tertentu yang dijadikan sebagai peluang bagi pedagang untuk mempromosikan produknya.